MENJAGA SALURAN IRIGASI UNTUK KOMODITAS PANGAN

  • Senin, 07 Desember 2020 - 10:49:24 WIB
  • admin
MENJAGA SALURAN IRIGASI UNTUK KOMODITAS PANGAN

Pentingnya pengoptimalan tentang saluran irigasi yang memadai untuk mendukung pola tanam pertanian dan menghasilkan produksi komoditas pangan yang berjangka panjang. “kita harus bersama sama untuk memperhatikan kebersihan saluran irigasi baik di tingkat desa maupun di kota,

Apa pentingnya?

Jelas sangat penting sekali bagi pedesaan maupun perkotaan menjaga saluran irigasi  dikarenakan jika tidak di perhatikan akan sangat berdampak buruk bagi masyarakat, seperti merusak tatanan kota, maupun hasil produksi komoditas pangan.

Pada hari munggu kemarin tanggal 06 desember 2020, Pengamat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Timur, khususnya Didesa Pelapak Kecamatan Jerowaru, melakukan kegiatan rutin melakukan gotong royong bersama masyarakat, sekitar 200 warga ikut berpartisipasi untuk membersihkan saluran irigasi induk di pelapak dan sal indik tundak yang luasnya sekitar 710 ha.

 terlihat para petani dan warga setempat dari dua desa tersebut membawa berbagai perlengkapan seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan irigasi yang begitu banyak sampah.

pembersihan saluran irigasi dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur dan sampah, sehingga terjadi pendangkalan saluran yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

 

  • Senin, 07 Desember 2020 - 10:49:24 WIB
  • admin

Berita Terkait Lainnya